Mitologi Yunani/Dewa Awal/Khaos

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
< Mitologi Yunani‎ | Dewa Awal(Dialihkan dari Khaos)
Lompat ke: navigasi, cari
Chaos, lukisan karya C. Parada, digambarkan sebagai sesuatu yang tidak berbentuk

Lama sebelum waktu berjalan, suatu sosok makhluk misterius yang disebut Chaos muncul di alam semesta, pada masa itu hanyalah kekosongan. Dari Chaos atau kemungkinan bersama dengan Chaos, muncullah Gaia (bumi), Tartarus (neraka) dan Eros (cinta). Tanpa pasangan, Chaos melahirkan Nyx (malam) dan Erebus (kegelapan).

Hesiod tidak banyak memberikan rincian mengenai Chaos, dan hanya menyebutkan bahwa Chaos merupakan makhluk yang pertama yang muncul di alam semesta. Penyair Romawi abad ke-1 SM, Ovid, memberikan penjelasan yang lebih terperinci tentang Chaos. Sebelum wujudnya bumi, lautan, dan langit (termasuk benda-benda yang ada di langit seperti matahari, bulan, dan bintang), sebelum para dewa yang abadi muncul, yang ada hanyalah Chaos, kekosongan yang tiada akhir. Dia adalah materi tidak bernyawa, tempat semua unsur penciptaan berkumpul bersama, sehingga yang satu tidak dapat dibezakan dari yang lainnya.

Menurut mitos Orphic, Chaos adalah anak kepada Chronus (waktu) dan Adresteia (keniscayaan) dan muncul pada masa yang sama dengan Erebus dan Aether. Chronus dan Aether merupakan orang tua kepada dewa yang pertama iaitu Protogonos.