Yunani Kuno/Pengetahuan/Matematika

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Mekanisme Antikythera, komputer mekanis Yunani kuno, abad ke-1 SM.

Karena orang Yunani memiliki sistem penulisan angka yang tidak efisien, mereka menjadi tidak menyukai aljabar. Mereka menganggapnnya terlalu sukar karena harus menulis persamaan atau permasalahan angka. Akhirnya, matematikawan Yunani lebih berfokus pada geometri, dan menggunakan metode geometri untuk menyelesaikan permasalahan yang mungkin juga menggunakan aljabar.

Matematikawan Yunani juga amat tertarik dalam membuktikan bahwa gagasan-gagasan matematika tertentu adalah benar. Jadi mereka menghabiskan banyak waktu menggunakan geometri untuk membuktikan bahwa hal tersebut benar, meskipun bangsa-bangsa seperti Mesir dan Babilonia sudah mentehaui bahwa mereka hampir selalu benar.

Bangsa Yunani secara umum sangat tertatik pada rasionalitas, dalam hal membuat segala hal terkait dan masuk akal. Mereka ingin menghubungkan apa yang tak jelas. Mereka menyukai musik, karena musik memiliki aturan yang ketat untuk menghasilkan keindahan. Begitup pula arsitektur, dan juga matematika.

Beberapa matematikawan Yunani yang terkenal adalah Pythagoras, Aristoteles, Anaxagoras, Euklides, Arkhimedes, Thales, dan Aristarkhos.