Yunani Kuno/Pengetahuan/Pelayaran/Kapal Perang

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Trireme

Kapal perang Yunani awal disebut Pentekontor. Kapal ini panjang dan dirancang untuk dapat melaju dengan cepat sehingga mampu mengejar kapal musuh dan menyerangnya. Kapal ini menggunakan 25 pendayung pada tiap sisinya.

Pada tahun 500-an SM, pada periode Arkaik, orang Yunani membuat kapal yang lebih cepat. Kapal yang ini digerakkan oleh lebih banyak pendayung dan di bagian depannya terdapat benda panjang yang terbuat dari perunggu. Benda itu disebut pendobrak dan digunakan untuk menubruk kapal musuh. Kapal ini disebut trireme ("tiga dayung") dan pada tiap sisinya terdapat tiga barisan pendayung, sehingga total pendayung untuk tiap sisi trireme adalah tujuh puluh lima orang. Oleh karena itu trireme dapat melaju dengan amat cepat. Diperkirakan bahwa, pada cuaca yang baik, kapal ini dapat berlayar hingga 14 knot.

Pada tahun 400-an SM, pada periode Klasik, dibangun kapal yang lebih besar lagi dan disebut quinquireme ("lima dayung"). Sesuai namanya, pada tiap sisinya, terdapat lima barisan pendayung. Quinquireme tidak setenar trireme, namun, karena beratnya, Quinquireme tidak mudah berubah arah jika ditiup angin kencang. Pada bagian bawahnya, kapal ini dilapisi timah untuk melinduginya dari tubrukan kapal musuh.