Mesir Kuno/Agama/Horus

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Jump to navigation Jump to search
Dewa Horus

Horus (Haru) adalah dewa Mesir yang pada awalnya berasal dari Mesir Hulu. Di Kerajaan Lama, orang meyakini Horus memiliki kepala burung alap-alap, dan namanya juga bermakna "alap-alap" dalam bahasa Mesir. Firaun merupakan bentuk manusia dari Horus, dan setelah mati, firaun diyakini menjadi bentuk manusia dari Osiris. Secara umum, Horus adalah dewa langit, putra dewa matahari, Re. Horus juga adalah dewa perang dan perlindungan melawan kejahatan. Banyak orang membawa jimat keberuntungan berbentuk mata Horus sebagai pembawa keselamatan.

Akan tetapi semua itu secara berangsur-angsur berubah pada masa Kerajaan Pertengahan. Orang kini menganggap Horus sebagai putra Isis dan Osiris. Horus dilahirkan ketika Isis menghidupkan kembali Osiris setelah Set membunuhnya. Dengan demikian Horus menjadi dewa kelahiran kembali seperti Persephone dan Dionysos dalam mitologi Yunani, Attis atau Tammuz di Asia Barat, dan Yesus dalam agama Kristen.

Dalam beberapa kisah, Horus juga memiliki putra, dari hubungannya dengan ibunya sendiri, Isis. Biasanya keempat putra Horus bertugas melindungi organ dalam mumi, seperti halnya Horus melindungi orang hidup.