Mesir Kuno/Agama/Set

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Jump to navigation Jump to search
Dewa Set

Set (Seth, Setesh, Sutekh, Setekh, Sluty) adalah saudara Isis dan Osiris, dan seperti mereka, ia juga adalah putra dewi langit Nut dan dewi bumi Geb. Set adalah sisi gelap dari saudara-saudarinya - Isis menumbuhkan tanaman, dan Osiris adalah dewa para firaun yang menjaga keteraturan, namun Set adalah dewa kekacauan. Dalam beberapa kisah, Set menunjukkan sisi jahatnya ketika ia dilahirkan. Set tak dilahirkan dengan cara normal, ia keluar dari perut ibunya dengan cara mencabik-cabik rahim dan perut ibunya.

Dalam lukisan, Set biasanya digambarkan dengan rambut dan mata merah, sebagai perlambang bahwa ia aneh dan berbeda. Ia juga memiliki kepala hewan, terkadang kepala buaya, kuda nil, atau babi hitam, semuanya merupakan hewan-hewan yang berbahaya.

Dalam suatu kisah, Set melemparkan saudaranya Osiris ke sungai Nil lalu mencabik-cabik tubuhnya. Putra Osiris, Horus, mencari Set, yang merupakan pamannya, dan bertarung dengannya untuk membalas perbuatan Set terhadap ayahnya. Akibat pertempuran itu, Horus kehilangan mata kirinya, sedangkan Set kehilangan kemampuan untuk memiliki anak.

Akan tetapi dalam kisah lainnya, Set dan Horus disebutkan sebagai aspek berbeda dari satu dewa yang sama. Orang-orang menyembah mereka bersama-sama.