Mesir Kuno/Agama/Thoth

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Jump to navigation Jump to search
Dewa Thoth

Di Mesir, Thoth (Dihauti, Djehuty) adalah dewa pikiran, yang meliputi kecerdasan, pemikiran, akal, dan logika. Orang Mesir sering menganggap Thoth sebagai jantung dan lidah dewa matahari Ra, karena jantung dipercaya sebagai tempat kecerdasan. Thoth adalah satu bagian dari dewa Ra yang lebih besar, mirip dewa India, Krishena, yang merupakan bagian dari Wishnu, atau Hermes, yang terkadang disebutkan sebagai salah satu spek dari saudaranya, Apollo, dewa matahari dari Yunani. Dan memang, orang Yunani sendiri sering menyamakan Hermes dengan Thoth. Dewa ni amat terkait dengan konsep keteraturan dan pengetahuan.

Thoth biasanya memiliki kepala berupa burung ibis, dan namanya kemungkinan bermakna "seperti ibis," karena ibis adalah burung yang cerdas. Lain waktu, Thoth adalah dewa keadilan, dan ia memliki kepala babon, atau tubuh babon dengan kepala anjing.

Istri Thoth adalah Ma'at, dan keduanya seringkali ditampilkan berdiri berdampingan di kedua sisi di perahu Ra. Bersama-sama, Thoth dan Ma'at melambangkan kebenaran, keteraturan, dan keadilan.

Karena Thoth begitu cerdas, ia terkait dengan hal-hal yang dilakukan orang-orang cerdas, terutama penulisan hieroglif. Ia sering digambarkan membawa pena dan lembaran. Thoth juga adalah dewa ilmu pengetahuan dan sihir. Di Kerajaan baru, Thoth juga dipercaya sebagai penentu nasib arwah manusia di alam maut.

Di kemudian hari, pada periode Ptolemaik di Mesir, ribuan mumi burung ibis dipersembahkan untuk Thoth. Pada masa kini ditemukan makam di Mesir yang berisi beberapa mumi ibis di dalamnya.