Mitologi Yunani/Dunia Bawah/Hades

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hades.

Penguasa dunia bawah adalah Hades putra Kronos dan Rea. Hades adalah dewa dunia kematian, dan dia berkuasa atas dunia bawah lebih daripada Zeus. Hades adalah dewa yang suram tapi tidaklah jahat. Nama lainnya adalah Aïdoneus, bermakna "Yang Tak Terlihat". Dalam Titanomakhia, Hades bertempur melawan para Titan menggunakan helm kegelapannya, yang dapat membuat pemakainya menjadi tidak terlihat.

Setelah mengalahkan para Titan, Hades memperoleh dunia bawah sebagai wilayah kekuasaannya. Dia jarang meninggalkan dunia bawah. Suatu ketika dia meninggalkan dunia bawah dengan mengendarai kereta perang yang ditarik oleh kuda hitam. Dia lalu menculik Persefone, putri Zeus dan Demeter. Hades ingin menjadikan Persefone seabgai istri dan ratunya di dunia bawah. Untuk berkompromi dengan Demeter, Hades mengizinkan Persefone tinggal di dunia atas selama setengah tahun, dan setengah tahunnya lagi Persefone akan tinggal di dunia bawah.

Dalam perang antara Herakles melawan Neleus, raja suku Pylos, untuk suatu alasan, Hades meninggalkan dunia bawah dan berpihak pada Neleus dan suku Pylos. Akibatnya Hades pun terluka oleh panah Herakles.

Ketika sedang menjalankan tugas terakhirnya, Herakles menemukan Theseus dan Peirithos yang terkurung di dunia bawah. Mereka menjadi seperti itu karena mereka hendak menculik Persefone namun rencana mereka telah diketahui oleh Hades. Herakles membebaskan Theseus namun tak sempat menolong Peirithos.

Hades dan Persefone terpesona oleh musik dan nyanyian Orfeus, yang telah kehilangan istrinya Euridike. Hades mengizinkan Orfeus untuk membawa kembali istrinya ke dunia atas, dengan syarat bahwa dalam perjalanan ke dunia atas Orfeus tidak boleh menengok ke belakang. Sayangnya Orfeus malah menengok ke belakang sehingga arwah istrinya kembali ke dunia bawah. Hades menolak memberi Orfeus kesempatan kedua.

Berdasarkan Ovdidius dan geografer Strabo, Hades berselingkuh dengan seorang nimfa bernama Minthe. Persefone marah dan mengubah Minthe menjadi tanaman yang kini dikenal sebagai tanaman mint.

Hades memiliki hewan ternak yang dia tempatkan di dekat ternak Gerion, di dekat Eritheia. Gembala Hades bernama Menoites. Ketika Herakles merebut ternak Gerion, Meniotes menghadap Hades untuk menyampaikan berita tersebut.

Elis adalah satu-satunya kota yang memiliki kuil untuk Hades. Orang-orang Elis adalah satu-satunya suku yang menyembahnya. Kuil itu dibangun setelah perang antara Herakles melawan Neelus di Pylos. Sekali setahun, hanya para pendeta yang diperbolehkan memmasuki kuil Hades.