Mitologi Yunani/Dewa Minor/Eris: Perbedaan antara revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
k
←Suntingan Koresy Mueller (bicara) dibatalkan ke versi terakhir oleh Alagos
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
k (←Suntingan Koresy Mueller (bicara) dibatalkan ke versi terakhir oleh Alagos)
[[Berkas:Eris Antikensammlung Berlin F1775.jpg|250px|jmpl|ka|Eris]]
'''Eris''' merupakanadalah dewi pertikaian dan perbalahan. Dia adalah puteriputri Zeus dan Hera, akanatau tetapimungkin adaputri yangNiks. menyebut Eris adalah puteri Nyx namun diaDia sering dikatakan sebagaidisebut saudari Ares, dewa perang. Dalam mitologi Romawi, dia dikenalidikenal sebagai Discordia.
 
Eris menjadiadalah ibu kepadaAte Atë,(dawa dewapertentangan dan personafikasikebodohan) kehancurandari danhubungannya kebodahandengan danZeus. Horkos,Eris dewajuga danadalah personafikasiibu Horkos ("sumpah, hasilpalsu"). daripadaDalam hubungannya''Theogonia'', dengandiceritakan Zeus. Menurut Hesiod,bahwa Eris melahirkan beberapa anak yang melambangkan sifat dan personafikasi yang buruk, iaitumisalnya ''Dysnomia''Pertempuran, (pelanggaranPerselisihan, hukum)Kelaparan, ''Lethe''Perkelahian (Kelalaian), ''Ponos'' (kesusahan)Kekacauan, ''Limos'' (kelaparan)Kebohongan, ''Algea'' (kesakitan)Pembantaian, ''Hyminai'' (pertarungan)Pembunuhan, ''Makhai'' (pertempuran)Keributan, ''Androktasia'' (pembantaian)Kehancuran, ''Phonoi'' (pembunuhan)Kesedihan, ''Neikea'' (perselisihan), ''Psedologoi'' (pembohongan) dan ''Amphilogia'' (perbalahan)Kesusahan.
 
Eris lebih dikenalidikenal sebagai personifikasi sahaja. Walaupun begitusaja, meskipun dia pernah juga muncul dalam suatu cerita, yaitu sebagai penyebabpemicu tercetusnyaterjadinya Perang TrojanTroya.
 
ErisKarena tidakdikhawatirkan diundangbahwa keEris akan mengganggu majlisacara pernikahan Peleus dan Thetis kerana dikhuatiri, dia akanpun menganggutidak ketenteraman dan akan menyebabkan pergaduhandiundang. Oleh kerana itu, Eris berasa kecewa dan marah dan sebagai balasannya, dia melempar sebijisebuah epalapel emas ke tengah-tengah para tamu. EpalApel itu bertuliskan "Untuk Yang Tercantik." MakaTiga datanglah tigaorang dewi yang jelita mengklaim sebagai pemiliki epalapel itu., Ketiga-tiga dewi itumereka adalah Hera, Athena, dan AphroditeAfrodit. Mereka pun berdebat mengenai siapa yang lebih berhak memperoleh epalapel itu.
 
Untuk menyelesaikan permasalahan ini, Zeus memerintahkan mereka menemuimendatangi seorang pangeran TrojanTroya iaitubernaam Paris dan memintanya untuk menentukan pemilik epal emas tersebutmemutuskan. Paris dengan bodohnya menghadiahkan epalapel itu kepadauntuk AphroditeAfrodit, yang sebelumnya sang dewi telah berjanji akan memberinya wanita yang tercantikperempuan tercantik di dunia iaitu, Helene, ratu Sparta.
 
Peristiwa ini dikenalidikenal sebagai Keputusan Parisparis. Akibat dari peristiwa inilah,ini tercetusnyaberujung perangpada yangpeperangan mengakibatantara ramaiYunani pahlawandan terkorban yakni perang TrojanTroya, dan diakhiripada denganakhirnya kejatuhanmembuat kotaGtroya Troyhancur.
 
{{MY-Minor}}
13.688

suntingan

Menu navigasi