Mitologi Yunani/Dewa Minor/Metis

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gambaran Metis pada sebuah guci

Metis merupakan seorang Oceanid kerana dia adalah putri Oceanus dan Tethys. Dia juga adalah Titaness dewi kebijaksanaan dan kraf. Metis merupakan istri agung pertama Zeus.

Zeus meminta bantuan Metis untuk membebaskan saudara-saudaranya dari perut Cronos. Jadi, Metis memberi Zeus suatu ramuan yang membuatkan Cronos memuntahkan semua saudara dan saudari Zeus yang ditelan oleh Cronos. Apabila berjaya menggulingkan kekuasaan Cronos dan para Titan dan Zeus mengurung mereka semua di Tartarus, Gaia meramalkan bahawa jika anak yang dikandung Metis adalah laki-laki, maka sang putra mampu mengalahkan Zeus. Untuk mencegah ramalan itu dari terjadi, Zeus menelan Metis yang sedang hamil.

Pada suatu hari, Zeus mengalami sakit kepala yang amat sangat. Prometheus melihat kejadian ini langsung membelah kepada Zeus dengan sebilah kapak. Dari kepala Zeus yang terbelah itu, lahirlah Athena yang dewasa dan siap mengenakan baju zirah.

Athena mewarisi mewarisi kebijaksanaan Metis dan sebab itu, dia memiliki gelaran iaitu Polymetis. Metis, yang berada dalam tubuh Zeus, tidak mati malah dia terus menasehati dan memberi kata hikmah kepada Zeus dari dalam tubuh Zeus.

Menurut mitos penciptaan Pelasgus, Metis diceritakan adalah seorang Titan yang menguasai planet Mercury bersama Titan Coeus.