Mitologi Yunani/Titan/Dione

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gambar Dione pada sebuah koin.

Dione adalah dewi yang tidak jelas. Tidak diketahui secara pasti apakah dia adalah Titan atau Okeanid. Tidak ada penulis kuno yang menjelaskan atributnya, namun kemungkinan dia adalah dewi laut, terutama karena Dione juga dikenal dengan nama lainnya, Thalassa, yang merupakan dewi laut. Dengan nama ini, dia barangkali menjadi istri Pontos.

Dalam Theogonia karya Hesiodos, Dione adalah anak perempuan Okeanos dan Tethis.

Dalam Iliad karya Homeros, Dione adalah ibu Afrodit, dewi cinta. Dione menghibur putrinya, yang baru saja dilukai oleh Diomedes, pahlawan Yunani. Homeros tidak menjelaskan siapa orang tua Dione atau apa kekuasaan Dione. Mitografer Yunani, Apollodoros, dan penulis drama tragedi, Euripides dalam dramanya Helene, juga menampilkan Dione sebagai ibu Afrodit, kecuali bahwa mereka menyebutnya sebagai anak perempuan Uranus dan Gaia, yang dengan demikian menjadikannya sebagai seorang Titan. Para mitografer Romawi juga menyebut Dione sebagai Titan dan ibu Venus (Afrodit).

Dione berbagi orakel Dodona bersama Zeus.

Berikut ini adalah perbedaan versi mengenai status Dione:

Koin yang menunjukkan Zeus dan Dione.
Status Dione Sumber
Titan Homeros: Iliad ?
Apollodoros: Bibliotheke.
Euripides: Helene.
Hyginus: Fabulae.
Mitos Pelasgos.
Okeanid Hesiodos: Theogonia


Dalam Himne Homeros untk Apollo Delos, Dione merupakan salah satu dewi yang mengawasi ketika Leto melahirkan Apollo di pulau Delos.

Nama Dione mungkin penting, karena nama ini merupakan bentuk feminin dari Zeus. Dalam lembaran Linear B, Dione ditulis sebagai DI-WI-JA atau Diwia, sedangkan Zeus ditulis DI-WO, DI-WE atau DI-WI-JE-U. Dione mungkin adalah dewi yang penting sebelum terjadinya migrasi bangsa Doria dan sebelum zamannya Homeros. Para sejarawan percaya bahwa ketika orang Yunani Hellenik bermigrasi ke Yunani (1150-950 SM), mereka memabwa serta dewa-dewi mereka sendiri. Pada awalnya, Dione adalah istri Zeus. Namun di kemudian hari dia digantikan oleh dewi pra-Hellenik lainnya dari Argos, yaitu Hera, yang menjadi istri Zeus di Olimpus.

Menurut mitos penciptaan Pelasgos, Dione ditugaskan oleh Eurinome untuk memerintah di bulan, bersama Titan Atlas.