Mitologi Yunani/Dunia Bawah/Hekate

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
< Mitologi Yunani‎ | Dunia Bawah(Dialihkan dari Hekate)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tiga Hekate.

Hekate adalah putri Perses atau Persaios dengan Asteria, keduanya merupakan keturunan para Titan. Dia juga disebut sebagai putri Demeter.

Hesiodos berulang kalu menyatakan dalam Theogonianya bahwa Zeus sangat menghormati Hekate. Hekate dapat melimpahkan kekayaan kepada siapa saja yang berdoa dan berkurban padanya. Hekate memiliki bagian kekayaan di Olimpus, di bumi, dan di dunia bawah. Ini karena dia adalah dewi bulan, dewi bumi (kesuburan), dan sekaligus juga dewi dunia bawah.

Hekate kadang disamakan dengan dengan Rea, Demeter dan Persefone sebagai dewi bumi dan dewi kesuburan. Selain itu, dia kadang disamakan dengan Persefone sebagai dunia bawah. Hekate adalah dewi malam dan dikenal sebagai dewi tak terlihat, yang ditemani oleh anjing-anjing neraka. Ketika Persefone diculik, Hekate mencoba menghibur Demeter. Hekate memberitahu Demeter bahwa dia mendengar tangisan Persefone namun tidak mengenali penculiknya. Adalah Hekate yang menyarankan supaya Demeter bertanya pada Helios, dewa matahari yang melihat segalanya. Di kemudian hari, ketika Persefone tinggal bersama Hades selama setengah tahun setiap tahun di dunia bawah, Hekate menjadi kawannya sehingga Persefone tidak merasa kesepian.

Seperti halnya Artemis dan Selene, Hekate juga adalah dewi bulan, namun dia adalah dewi yang diasosiasikan dengan sisi gelap bulan.

Hekate juga dikaitkan dengan Ifigeneia, putri Agamemnon dan Klitaimnestra. Dalam Katalog Para Wanita, Hesiodos menyatakan bahwa ketika orang Yunani mengurbankan Ifigeneia, Artemis mengubahnya menjadi dewi Hekate.

Hekate juga adalah dewi ilmu sihir. Penyihir terkenal, Medeia, adalah salah satu pendeta di kuil Hekate di Kolkhis. Dalam perang melawan para Raksasa, Hekate membunuh Raksasa Klitios dengan obornya.

Berdasarkan sejarawan asal Sisilia, Diodoros Sikolos, dalam tulisannnya mengenai Iason dan para Argonaut, Hekate bukanlah seorang dewi, melainkan seorang penyihir di Tauris, dan merupakan cucu Helios. Hekate terkenal atas kekejamannya, dia meracuni ayahnya dan menikahi pamannya, Aietes raja Kolkhis. Hekate menjadi ibu Kirke dan Medeia. Sebagai pendeta tinggi Artemis di Tauris, Hekate memiimpin pengurbanan semua orang sing yang datang ke Kolkhis.