Mitologi Yunani/Perjalanan Pulang Odisseus/Para Siren

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Para Siren mengganggu kapal Odisseus.

Siren adalah nimfa atau mungkin monster yang memiliki wujud berupa separuh gadis cantik separuh burung. Selama berabad-abad, para Siren menyanyikan lagu yang membuai para pelaut menuju kematian mereka. Orang yang mendengar nyanyian para Siren akan melupakan segalanya dan akhirnya mati tenggelam atau menabrak karang. Para Siren menghuni pulau yang disebut Anthemoissa, lepas pantai Italia.

Para Argonaut dapat melewati pulau para Siren dengan aman karena ketika itu Orfeus sang musisi hebat menyanyikan lagu yang jauh lebih indah dariapda nyanyian para Siren. Suara para Siren ketika itu hilang oleh nyanyian Orfeus. Namun Odissseus tidak memiliki musisi sehebat Orfeus di kapalnya.

Mengikuti instruksi Kirke, Odisseus menutupi telinga semua kru kapalnya dengan lilin. Dengan cara demikian, mereka tak akan terpengaruh nyanyain Siren. Sementara Odisseus sendiri menyuruh supaya dirinya diikat dengan erat di tiang kapal. Dia ingin mendengar langsung bagaimana nyanyian Siren itu.

Ketika kapalnya lewat di pulau Siren, terdengarlah nyanyian merdu dari para Siren. Para kru tidak terpengaruh dan terus mendayung. Sementara Odisseus berteriak-teriak dan menyuruh anak buahnya melepaskannya. Anak buahnya tidak menghiraukan raja mereka yang sedang dalam keadaan terhipnosis. Setelah kapal berada cukup jauh dari para Siren, Odisseus pun dilepaskan.