Mitologi Yunani/Titan/Atlas

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
< Mitologi Yunani‎ | Titan(Dialihkan dari Atlas)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Atlas diubah menjadi batu oleh Perseus.

Atlas adalah Titan putra Iapetos dan Okeanid Klimene atau Asia. Dia adalah saudara Menoitios, Prometheus, dan Epimetheus.

Ketika saudaranya, Prometheus, berusaha membujuknya untuk tidak berperang melawan para dewa Olimpus, dia tidak menghiraukannya. Akibatnya, setelah perang Zeus menghukum Atlas, yaitu dengan memnjadikannya memikul langit di bahunya.

Atlas menikahi Pleïone, putri Okeanos dan Tethis. Dia menjadi ayah dari tujuh orang anak perempuan yang dikenal sebagai Pleiades, mereka adalah Elektra, Taÿete, Maia, Kelaino, Alkione, Asterope (Sterope) dan Merope. Hanya Merope yang memiliki suami manusia, tepatnya Sisifos, raja Korinthos.

Atlas juga kemungkinan adalah ayah para Hesperidees (Putri Bintang Senja), penjaga apel emas di taman Hesperide. Atlas bercinta dengan Hesperis dan menjadi ayah dari Aigle, Arethusa, Erytheia, Hespere (Hespera), Hespereia, Hesperusa dan Hestia.

Satu cerita menyebutkan bahwa pahlawan Perseus, ketika dalam perjalanan pulang seusai membunuh Gorgon Medua, mengubah Atlas, yang sedang dihukum, menjadi batu, karena Perseus kasihan padanya dan ingin membebaskan Atlas dari penderitaannya.

Kisah ini kontradiktif dengan kisah pertemuan Atlas dengan pahlawan lainnya Herakles, yang merupakan cicit Perseus. Herakles melaksanakan tugas kesebelasnya yang mengharuskannya mengambil apel emas Hesperides. Dalam prosesnya, Atlas gagal mengelabui Herakles untuk menggantikannya memikul langit selamanya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pertemuan Atlas dengan Herakles ini, lihat Herakles: Tugas Kesebelas.