Mitologi Yunani/Titan/Kronos

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kronos menaiki kereta perang sambil membawa sabit dan gandum.

Kronos adalah penguasa dunia dan pemimpin para Titan. Kronos adalah putra bungsu Uranus dan Gaia, meskipun menurut Diodoros Sikolos, dia adalah putra sulung mereka.

Kronos menikahi saudarinya Rea dan menjadi ayah dari Hestia, Poseidon, Hades, Demeter, Hera, dan Zeus.

Kronos adalah dewa langit dan dewa penguasa dunia setelah menggulingkan Uranus. Uranus sendiri dikalahkan setelah Kronos memotong alat kelaminnya. Kronos juga adalah dewa pertaninan dan kesuburan. Orang Romawi mengenalnya sebagai Saturnus, dewa pertanian Romawi. Dalam astronomi, Saturnus adalah planet keenam di tata surya. Sebelum teleskop ditemukan, planet Saturnus adalah planet terjauh yang dapat dilihat dengan mata terlanjang, jadi dalam waktu yang lama, Saturnus dikenal sebagai planet terluar di tata surya. Saturnus dikenal sebagai planet gas raksasa, dengan ciri berupa cincin di sekelilingnya.

Ketika ayahnya, Uranus, mengurung saudara-saudara Kronos, yaitu para Hektonkheire dan Kiklops di Tartaros, Gaia menjadi marah. Gaia lalu mengajak para Titan untuk memberontak terhadap Uranus. Kronos, Titan termuda, terkuat, sekaligus tercerdas, bersedia membantu. Kronos memotong alat kelamin ayahnya dengan sabit dan melemparnya ke laut.

Dengan mengalahkan ayahnya, Kronos menjadi penguasa dunia. Dia berbagi kekuasaannya dengan para Titan lainnya. Kronos menggantikan Uranus sebagai penguasa langit. Selama masa pemerintahannya, Kronos menciptakan manusia, dan ketika itu umat manusia mengalami masa kedamaian yang disebut Zaman Emas.

Namun Kronos tidak membebaskan para Hekatonkheire dan Kiklops dari Tartaros. Dia membiarkan mereka terkurung di sana. Gaia lagi-lagi marah dan akibatnya meramalkan bahwa Kronos pun akan dikalahkan oleh putranya sendiri.

Kronso ketakutan pada ramalan tersebut dan berusaha mencegahnya terjadi. Dia menelan setiap anak yang dilahirkan oleh istrinya. Namun Rea berhasil mengelabui Kronos dengan memberikan batu berlapis kain untuk ditelan, sementara anak keenamnya, Zeus, disembunyikan di Kreta.

Ketika Zeus dewasa, dia berhasil membuat Kronos memuntahkan semua anak-anak yang pernah ditelannya. Akhirnya pecah perang antara para Titan melawan Zeus dan saudara-saudaranya. Dalam perang tersebut, Kronos dan para Titan dikalahkan, lalu dikurung di Tartaros dengan dijaga oleh para Hekatonkheire. Zeus lalu menggantikan Kronos sebagai penguasa dunia.