Mitologi Yunani/Titan/Rea

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Rhea bersama dua ekor singa

Rhea adalah salah seorang anak perempuan dewi bumi Gaia dan dewa langit Ouranos dan dia merupakan Titaness keibuan dan kesuburan. Dalam tradisi awal, dia dikenali sebagai "ibu para dewa". Menurut Diodorus Siculus, nama lain bagi Rhea adalah Pandora. Rhea dipadankan oleh bangsa Romawi dengan dewi Ops dan Magna Mater.

Rhea menikahi saudaranya sendiri, Cronos, dan kemudiannya melahirkan para Olympians iaitu Hestia, Poseidon, Hades, Demeter, Hera, dan Zeus. Hewan kesayangannya adalah singa dan Rhea memiliki kendaraan berupa kereta perang yang diteraik oleh dua ekor singa.

Rhea memberi batu, yang dibalut dengan kain, kepada Cronos

Apabila diramalkan bahwa Cronos akan dikalahkan oleh anaknya sendiri, Cronos menjadi paranoid dan berusaha untuk mencegah ramalan itu daripada terjadi. Setiap kali Rea melahirkan anak, dia akan menelan menelan anak itu. Semasa Rhea mengandung anak yang keenam, dia pergi ke Pulau Crete dan melahirkan anaknya di sana agar anaknya itu tidak ditelan oleh Cronos. Rhea melahirkan seorang putra dan menamakannya Zeus. Rhea menemui suaminya sambil membawa sebongkah batu yang dibalut dengan kain. Cronos, menyangka bahwa ia adalah bayi yang dilahirkan Rhea, menelan batu itu namun Zeus selamat di Crete dengan dijaga oleh para nimfa dan para Kouretes.

Setelah bertahun-tahun, Zeus tumbuh menjadi dewasa dan Rhea membantunya dengan membuat Cronos memuntahkan semua anak yang pernah ditelannya.

Sebagai Ops, dia merupakan dewi kesuburan dan kelimpahan. Dia disembah bersama Consus, dewa dengan fungsi yang tidak jelas.

Rhea sering disamakan dengan dewi kesuburan dan keibuan dari Phrygia iaitu Cybele dan dia juga dikaitkan dengan Diktynna, dewi dari Crete. Kibele, dewi atau ibu bumi dari Phrygia.