Mitologi Yunani/Titan/Rea

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Rea bersama sepasang singa.

Rea adalah Titan dan dewi bumi. Dia adalah anak perempuan Uranus dan Gaia. Menurut Diodoros Sikolos, nama lain Rea adalah Pandora. Rea dikenal oleh orang Romawi sebagai dewi Ops atau Magna Mater.

Rea menikahi saudaranya, Kronos, dan melahirkan para dewa Olimpus, yaitu Hestia, Poseidon, Hades, Demeter, Hera, dan Zeus. Hewan kesayagannya adalah singa. Rea juga punya kendaraan berupa kereta perang yang diteraik oleh sepasang singa.

Ketika diramalkan bahwa Kronos akan dikalahkan oleh anaknya sendiri, Kronos berusaha mencegah ramalan itu. Setiap kali Rea melahirkan, maka Kronos akan menelan sang anak. Ketika Zeus, putra keenamnya lahir, Rea melakukan upaya agar Kronos tidak menelan anaknya lagi. Rea memberikan batu berlapis kain kepada Kronos, sementara Zeus disembunyikan di Kreta, di sana Zeus dijaga oleh para nimfa dan para Kuretes.

Setelah Zeus dewasa, Rea membantunya untuk membuat Kronos memuntahkan semua anak yang pernah ditelannya.

Sebagai Ops, dia adalah dewi kesuburan dan kelimpahan. Ops disembah bersama Consus, dewa dengan fungsi yang tidak jelas.

Rea kadang diidentikkan dengan Kibele, dewi atau ibu bumi dari Phrygia. Rea juga dikaitkan dengan dewi dari Kreta, Diktinna, yang dulunya dikenal sebagai Britomartis.

Dalam mitos Orfik, setelah Zeus lahir, Rea mengganti namanya menjadi Demeter. Sebagai Demeter, Rea diperkosa oleh Zeus, dan akibatnya dia melahirkan Persefone. Zeus kemudian memperkosa Persefone dan lahirlah Dionisos atau Zagreus.