Mitologi Yunani/Dewa Awal/Uranus

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
< Mitologi Yunani‎ | Dewa Awal(Dialihkan dari Uranus)
Lompat ke: navigasi, cari
Ouranos

Ouranos adalah dewa dan personifikasi langit. Ouranos merupakan putra kepada Gaia, yang melahirkannya tanpa pasangan atau kemungkinan dengan Aether. Ouranos menikahi ibunya sendiri dan menjadi penguasa alam semesta yang pertama.

Ouranos bercinta dengan Gaia dan kemudiannya menjadi ayah kepada para Hecatoncheire (raksasa bertangan seratus), Cyclops (raksasa bermata satu), dan Titan. Para Hecatoncheire dan Cyclops dikurung oleh Ouranos di Tartarus karena rupa mereka yang buruk dan bimbang mereka akan mengancam kekuasaannya. Gaia marah dan mengajak anak-anaknya yang lain untuk memberontak melawan Ouranos. Cronos, Titan yang termuda, menerima ajakan Gaia. Cronos memotong alat kelamin ayahnya dan melemparkannya ke laut. Alat kelamin itu dihanyut oleh arus laut dan ditutupi oleh buih lalu terlahirlah Aphrodite. Sementara itu, darah Ouranos yang terciprat ke bumi menjadi para Gergasi, Erinyes dan Meliae.

Menurut Diodorus Siculus, Ouranos dikisahkan adalah seorang raja yang didewakan setelah dia meninggal. Ouranos menikahi Titaea (Gaia) dan menjadi bapa kepada 45 orang putra, yang 15 di antaranya dikenali sebagai Titan. Ouranos adalah penguasa pertama manusia. Putri sulungnya, Basileia (Theia), meneruskan pemerintahannya, bersama suaminya Hyperion.

Selain itu, menurut mitos Orphic, hubungan Gaia dan Ouranos bukanlah ibu dan anak, melainkan kakak-adik. Mereka merupakan anak kepada Protogonos (Phanes) dan Nyx.