Bahasa Kuri

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Di Provinsi Papua Barat[sunting]

Bahasa Kuri (Nabi) dituturkan di |Kampung Obo (Nabi), Distrik Kuri, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat. Penutur bahasa ini sekitar 800 orang. Selain di |Kampung Obo (Nabi), Bahasa Kuri juga dituturkan di |Kampung Simiei, Refideso, Wagurai, Sarbe, Naramasa, Tigo, Tantur, dan Saiware.

Kampung Obo (Nabi) yang masyarakatnya merupakan penutur Bahasa Kuri berdekatan dengan |Kampung Dusner yang merupakan wilayah penutur Bahasa Dusner (Usner). Sementara, di sebelah barat, utara, dan selatan |Kampung Obo adalah kampung-kampung yang masyarakatnya juga menuturkan Bahasa Kuri.

Dibandingkan dengan bahasa-bahasa lain di Teluk Wondama, misalnya dengan Bahasa Somu (Toro), Bahasa Jamor, Bahasa Muri (Mer), dan Bahasa Waruri, isolek Kuri (Nabi) merupakan bahasa tersendiri karena perbedaan hasil penghitungan dialektometri 99%--100%. Besarnya perbedaan antara Bahasa Kuri (Nabi) dengan Bahasa Somu (Toro) sebesar 99,5%, Bahasa Jamor sebesar 99,75%, Bahasa Miere (Mer, Muri) sebesar 100%, dan Bahasa Waruri sebesar 99%.

Referensi dan pranala luar[sunting]

Wikipedia-logo.png
Wikipedia memiliki artikel ensiklopedia mengenai: