Bahasa Dawan

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Di Provinsi Nusa Tenggara Timur[sunting]

Bahasa Dawan (Timor) dituturkan di Kabupaten Kupang, Kabupaten Ambenu, Kabupaten Timor Tengah Utara, dan Kabupaten Timor Tengah Selatan. Penutur Bahasa Dawan (Timor) berbeda-beda dalam menyebut bahasa yang mereka gunakan. Di Desa Camplong I, Oenoni, dan Teunbaun, Bahasa Dawan (Timor) disebut sebagai Bahasa Timor Dawan; di Desa Bipolo, Hauteas, Abani, dan Oepliki disebut sebagai Bahasa Timor Naikono; di Desa Tetaf dan Manufui disebut sebagai Bahasa Timor; di Desa Sallu dan Manunain disebut sebagai Bahasa Dewan; di Desa Netpala, Nenas, Bijeli, Nobi-Nobi, Lotas, dan Lilo disebut sebagai Bahasa Dawan.

Penghitungan dialektometri antarisolek menunjukkan adanya perbedaan dialek/subdialek/wicara dengan persentase perbedaan berkisar 27,50--80,06%. Isolek Dawan (Timor) terdiri atas sembilan dialek dengan persentase perbedaan 51--80%. Kesembilan dialek tersebut ialah

  1. Dialek Kupang Timur terdiri atas dua subdialek, yaitu Camplong dan Bipolo dengan persentase perbedaan 47%.
  2. Dialek Amarasi terdiri atas dua subdialek, yaitu Oenoni dan Teunbaun dengan persentase perbedaan 45,82%.
  3. dialek Fatule'u
  4. Dialek Insana-Biboki-Pasebe terdiri atas tiga subdialek, yaitu Insana, Biboki, dan Pasebe dengan persentase perbedaan sekitar 49,50%.
  5. Dialek Timor Tengah Selatan terdiri atas dua subdialek, yaitu Bijeli dan Aban-Amanuban dengan persentase perbedaan Desa Tiwatobi 50,50%.
  6. Dialek Amanatun terdiri atas tiga subdialek, yaitu Lotas, Manufui, dan Lilo dengan persentase perbedaan sekitar 43,50%.
  7. dialek Miomafo Barat,
  8. dialek Mallo Netpala, dan
  9. dialek Mallo Nenas.

Kisaran persentase perbedaan antara dialek Miomafo Barat dengan dialek-dialek dari Bahasa Dawan (Timor) yang lain ialah 54%--66,50%. Kisaran persentase perbedaan antara Dialek Mallo Netpala dengan dialek-dialek dari Bahasa Dawan (Timor) yang lain ialah 64%--79,19%. Kisaran persentase perbedaan antara Dialek Mallo Nenas dengan dialek-dialek dari Bahasa Dawan (Timor) yang lain ialah 59,50%--78,97%.

Berdasarkan penghitungan dialektometri, Bahasa Dawan (Timor) merupakan sebuah bahasa dengan persentase perbedaan berkisar 81%--100% jika dibandingkan dengan bahasa-bahasa lain yang ada di NTT, misalnya Bahasa Helong dan Bahasa Buna.

Referensi dan pranala luar[sunting]

Wikipedia-logo.png
Wikipedia memiliki artikel ensiklopedia mengenai: