Bahasa Maya Legenyan-Kawei

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Di Provinsi Papua Barat[sunting]

Bahasa Maya Legenyan-Kawei dituturkan di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Bahasa itu terdiri atas dua dialek, yaitu

  1. Dialek Maya Legenyan dituturkan oleh masyarakat di |Kampung Beo, Distrik Tiplol Mayalibit, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.
  2. Dialek Kawei dituturkan oleh masyarakat di |Kampung Selpele, Distrik Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Hasil persentase antara kedua dialek tersebut adalah sebesar 79,05%.

Berdasarkan hasil penghitungan dialektometri, isolek Maya Legenyan-Kawei merupakan sebuah bahasa dengan persentase perbedaan 90%--100% jika dibandingkan dengan bahasa di sekitarnya. Misalnya, dengan bahasa dialek Maya Legenyan dengan Bahasa Maya sebesar 92,67%, Bahasa Samate sebesar 92%, Bahasa Wardo sebesar 95%, dengan Bahasa Selegof sebesar 95%, Bahasa Beser sebesar 98%, dan Bahasa Amber sebesar 85%.

Kemudian, antara dialek Kawei dengan Bahasa Samate adalah sebesar 93,25%, Bahasa Wardo sebesar 97,5%, Bahasa Selegof sebesar 95%, Bahasa Beser sebesar 98,75%, dan Bahasa Amber sebesar 95%.

Referensi dan pranala luar[sunting]

Wikipedia-logo.png
Wikipedia memiliki artikel ensiklopedia mengenai: