Abad Pertengahan/Sejarah/Tinggi/Genoa

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Jump to navigation Jump to search
Bendera Republik Genoa
Wilayah Republik Genoa
Genoa pada 1493 M

Sekitar 900 M, Kekaisaran Romawi Suci mulai kehilangan kendali atas Italia, dan Genoa adalah salah satu kota Italia yang merdeka pada masa ini. Genoa menjadi salah satu kota Abad Pertengahan pertama yang penduduknya memperoleh beberapa hak politik. Kemerdekaan Genoa dimulai dengan buruk ketika Genoa dibakar dan dijarah oleh armada Fatimiyah pada 934 M. Namun rakyat Genoa dengan cepat membangun kembali kotanya. Genoa juga dengan cepat berdagang dengan Fatmiyah dan menjadi kaya dengan membeli sutra lalu menjualnya kepada para pedagang Eropa. Pada 1100-an M Genoa menjadi salah satu kekuatan maritim terbesar di Laut Tengah. Genoa menggunakan kapal-kapalnya untuk menaklukan kota-kota di sekitarnya, dan seiring waktu Genoa berhasil menguasai Sardinia, Korsika, serta sejumlah wilayah lainnya. Pada Perang Salib awal, Genoa mempeorleh wilayah di sekitar Yerusalem, serta di Sisilia, Yunani, dan Afrika Utara.

Secara teoretis, Genoa tetap berada di bawah Kekaisaran Romawi Suci, dan uskup Kristen memerintah kota ini. Pada kenyataannya, rakyat Genoa memilih dua orang konsul setahun sekali untuk memerintah kota, seperti di Republik Romawi kuno. Selain itu, sebagian besar kekuasaan politik dimiliki oleh beberapa keluarga yang berpengaruh. Meskipun perempuan tidak diizinkan memberikan suara, perempuan yang berasal dari keluarga yang berpengaruh juga dapat memperoleh kekuasaan politik.

Genoa amat berkembang pada 1200-an M berat persekutuan dengan Biznatium. Bersama-sama, Genoa dan Bizantium mengalahkan Pisa dan Venesia, serta mendominasi Laut Tengah. Akan tetapi, ketika wabah pes yang disebut Maut Hitam melanda Genoa pada 1347, banyak penduduknya yang meninggal sehingga Genoa pun melemah. Pada akhir 1300-an Genoa kehilangan wilayah-wilayahnya di seberang lautan, yang direbut oleh Kesultanan Utsmaniyah dan negara-negara lainnya. Pada akhirnya Genoa ditaklukan oleh Milan. Akibatnya para pelaut Genoa berusaha mencari kekayaan di tempat-tempat lainnya, salah satunya adalah Cristoforo Colombo, yang berlayar hingga ke Amerika Utara dari Spanyol pada 1492 M.