Abad Pertengahan/Sejarah/Tinggi/Reconquista

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Jump to navigation Jump to search
<< Islam di Spanyol Reconquista - Abad Pertengahan >>
<< Dinasti Muwahidun - >>


Muhammad XII menyerah kepada Ferdinand dan Isabella, mengakhiri kekuasaan Islam di Spanyol.

Reconquista adalah proses ketika kaum Kristen merebut kembali wilayah Spanyol dari kaum Muslim. Proses ini berlangsung selama kira-kira 800 tahun.

Sebelumnya, selama tahun 711 hingga 756 M, orang-orang Moor, yang menganut Islam dan berasal dari Afrika Utara, menyerbu Spanyol dan mengalahkan Kerajaan Kristen Visigoth yang berkuasa di sana. Mereka kemudian mendirikan Keemiran Cordoba. Kekuasaan Muslim di Spanyol berlangsung selama beberapa ratus tahun, bahkan di Cordoba mereka berkuasa selama hampir 800 tahun.

Orang-orang keturunan Visigoth dan Romawi lalu bersatu untuk mengusir orang Moor keluar dari Spanyol. Orang-orang Spanyol ini sedikit demi sedikit menaklukan wilayah Spanyol, dimulai dari daerah Spanyol utara dekat Prancis dan kemudian mereka bergerak ke wilayah Spanyol selatan.

Salah satu kisah terkenal mengenai pertempuran ini adalah Lagu Roland. Roland (dalam cerita tersebut) adalah seorang tentara dalam pasukan Charlemagne yang bertempur di Spanyol sekitar tahun 400 M. Pasukan Roland disergap oleh orang Moor (kemungkinan penyergap sebenarnya adalah orang Basque) dan Roland tewas secara tragis setelah bertempur dengan gagah berani.

Setelah tahun 1100 M orang Spanyol dibantu oleh pasukan Prancis, karena Prancis sedang mengalami masa damai sehingga tentara tak terlalu dibutuhkan di sana. Meskipun demikian, mereka baru benar-benar memperoleh keunggulan atas kaum Muslim setelah dinasti Moor di Spanyol, yaitu dinasti Murabitun, mulai melemah akibat sejumlah perang saudara dan pemberontakan.

Setelah dinasti Murabitun melemah, pasukan Spanyol berhasil mengalahkan mereka dengan cukup cepat. Kaum Kristen merebut Toledo pada tahun 1212 M, kemudian Cordoba pada tahun 1236 M, dan sekitar tahun 1250 M kaum Moor hanya menguasai kota Granada di bagian Spanyol paling selatan. Akhirnya pada tahun 1492 M, Raja Ferdinand dan Ratu Isabella berhasil menguasai kembali seluruh wilayah Spanyol dan Portugal. Sebagian besar orang Moor dan Yahudi melarikan diri ke Afrika, di sana mereka bermukim di Tunisia. Sementara sebagian orang Yahudi lainnya kabur ke Yunani dan Istanbul.