Abad Pertengahan/Sejarah/Tinggi/Italia

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Jump to navigation Jump to search
<< Italia - Abad Pertengahan Awal Italia - Abad Pertengahan Italia - Abad Pertengahan Akhir >>
<< - Genoa >>
<< - Firenze >>
<< - Venesia >>
Italia pada 1000 M menjelang penaklukan Norman

Sekitar 900 M, Kekaisaran Romawi Suci mulai kehilangan kendali atas Italia utara, sehingga wilayah tersebut terpercah menjadi banyak engara kota. Ini mirip dengan yang terjadi di Yunani kuno, atau di Asia Barat pada periode Sumeria. Beberapa negara kota yang penting di Italia adalah Genoa, Firenze, dan Pisa. Tiap kota ini merdeka, dan sering bertempur satu sama lain, serta dengan Negara Kepausan di sebelah selatan dan dengan Prancis di utara. Terkadang, Kekaisaran Romawi Suci berusaha menguasai kembali kota-kota Italia utara, namun tak pernah berhasil.

Sekitar 1000 M, sebuah kota bernama Venesia, di Italia utara dekat Yunani, menjadi amat kaya. Venesia pada dasarnya berada di bawah pemerintahan Kekaisaran Bizantium, namun Venesia sudah menjadi amat kuat sehingga tidak lagi tunduk terhadap Bizantium.

Di Italia tengah, Negara Kepausan mulai melemah antara 900 M dan 1200 M. Meskipun demikian mereka masih mampu mengendalikan bagian tengah semenanjung Italia. Para Paus mampu melakukannya terutama karena bantuan Prancis, yang khawatir bahwa Jerman (Kekaisaran Romawi Suci) akan menerebut Italia dan menjadi lebih kuat dari Prancis. Oleh karena itu Prancis selalu membantu Negara Kepausan melawan serangan Jerman.

Di Italia Selatan, orang Norman mengalahkan negara-negara Islam sekitar 1100 M dan setelah itu mereka memerintah Napoli serta Italia selatan (Sisilia) dalam waktu yang lama.