Halaman Utama/Desember 2011

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas

{{{title}}}

Teknologi Informasi Sains Bahasa Agama
Sejarah Transportasi Sastra Resep
Kesehatan Seni Wisata Hukum

(Catatan: Wikibuku Tidak Memberikan Saran Medis)

Lainnya

{{{title}}}

BukuWiki adalah salah satu proyek Wikimedia bermula 10 Juli 2003. Sejak itu, sukarelawan telah menulis sekitar 5.082 modul berjumlah lusinan buku.

Silakan mencoba di bak pasir, tempat Anda dapat melakukan apa saja dan rasakan bagaimana cara wiki bekerja. Lihat juga milis kami atau rencana halaman untuk memperbincangkan berita-berita terbaru, atau kunjungi ruang pegawai.

{{{title}}}

Kekaisaran Bizantium atau Romawi Timur adalah sebutan untuk pecahan bagian timur dari Kekaisaran Romawi. Wilayah Bizantium berubah-ubah selama keberadaannya karena mengalami beberapa siklus kemunduran dan pemulihan. Di bawah Yustinianus I, Bizantium mencapai wilayah terluasnya setelah menaklukan kembali sebagian besar wilayah di Mediterania Barat yang dahulu pernah dikuasai oleh Romawi. Sementara perang dua dasawarsa melawan Persia Sasan menguras sumber daya Kekaisaran, berkontribusi dalam menyebabkan kehilangan wilayah besar-besaran selama penaklukan oleh Muslim pada abad ke-7 M. Di bawah dinasti Makedonia, Bizantium kembali meluas dan mengalami dua abad kemajuan, yang berakhir dengan lepasnya sebagian besar Anatolia kepada Turk Seljuk setelah Pertempuran Manzikert pada 1071 M. Abad-abad terakhir Kekaisaran secara umum menunjukkan kecenderungan kemunduran. Bizantium kesulitan pulih selama abad ke-12 M dan mengalami pukulan berat dalam Perang Salib Keempat ketika Konstantinopel dijarah. Bizantium hanya menjadi satu dari beberapa negara kecil yang saling bersaling di Balkan selama dua abad terakhir keberlangsungannya. Sisa-sisa wilayahnya kemudian terus-menerus dicaplok oleh Utsmaniyah selama abad ke-15, berujung pada penaklukan Konstantinopel oleh Kesultanan Utsmaniyah pada 1453. (Selengkapnya...)

{{{title}}}

{{{title}}}

{{{title}}}

Wikibuku bahasa Indonesia disediakan gratis oleh sebuah organisasi nirlaba, Wikimedia Foundation, yang juga menaungi beberapa proyek multibahasa yang lain.