Yunani Kuno/Sejarah/Perang Peloponnesos/Alkibiades

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Alkibiades lahir di Athena pada 450 SM. Ibunya berasal dari keluarga Alkmaionid. Keluarganya adalah salah satu yang terkaya di Athena, jadi Alcibiades mendapatkan segala yang terbaik. Setelah ayahnya terbunuh dalam pertempuran, Perikles, yang merupakan seorang Alcmaionid juga, menjadi wali Alkibiades. Ketika Alcibiades menjadi seorang remaja, pada masa awal Perang Peloponnesos, Sokrates adalah gurunya.

Tetapi sebelum pasukan berangkat untuk menjalankan Ekspedisi Sisilia, ada orang yang merusak patung keberuntungan di Athena. Orang-orang bilang bahwa pelakunya adalah Alkibiades dan kawan-kawannya. Ketika hendak ditangkap, Alkibiades memutuskan untuk melarikan diri ke musuh Athena, yaitu Sparta, pada tengah malam.

Alkibiades menyepakati perjanjian dengan pihak Sparta. Jika mereka mengizinkannya tinggal di Sparta, dia akan membantu mereka memenangkan Perang Peloponnesos dengan cara memberikan nasehat yang bagus. Pihak Sparta setuju. Saran pertama Alkibiades kepada mereka adalah bahwa mereka harus membangun angkatan laut untuk menghancurkan Ekspedisi Sisilia yang dilancarkan oleh Athena.