Yunani Kuno/Pesta Olahraga Yunani

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Orang Yunani kuno terkenal atas kemampuan mereka dalam lahraga atletik. Homeros menjelaskan bagaimana para pahlawan adalah prajurit tangguh dan atlet hebat. Kebutuhan untuk menunjukkan penampilan fisik dan kemampuan atletik merupakan sarana hiburan bagi para aristokrat dan prajurit. Orang Yunani kuno dalam seni seringkali ditampilkan dengan fisik yang kuat, bahkan dewa muda seperti Apollo sekalipun.

Kekuatan, stamina, dan kecepatan adalah sangat penting untuk orang Yunani. Melalui latihan dan kompetisi, mereka berharap menjadi seperti dewa.

Di Yunani kuno, ada empat Perlombaan Panhellen (Pesta Olahraga Yunani kuno) yang paling terkenal. Meskipun ajang olahraga ini dimulai pada awal milenium pertama SM, beberapa penulis berpendapat bahwa itu dimulai setelah kedatangan bangsa Doria, Ionia, dan Aiolia, yang merupakan leluhur bangsa Yunani. Para penulis ini menempatkannya pada Zaman Perunggu atau Zaman Pahlawan, yakni pada masa peradaban Minoa dan Mikenai

Dari empat Pesta Olahraga ini, Olimpiade menjadi yang paling penting dan sakral. Selama Olimpiade, kota-kota yang sedang berperang untuk sementara melakukan gencatan senjata, dengan demikian semua orang bisa berpartisipasi (kecuali orang asing, perempuan, dan budak).

Cabang olahraga yang dipertandingkan di antaranya adalah balap lari, lompat jauh, lempar cakram, lempar lembing, gulat, tinju, dan balap kereta perang. Pemenangnya biasanya dihadiahi dengan mahkota dari dedaunan.

Dalam Pesta Olahraga Pithia, diadakan kontes musik dan menyanyi. Hal ini diikuti oleh Pesta Olahraga Isthmos dan Nemea, yang juga memperlombakan kontes atletik dan musik.

Ada satu pesta olahraga yang berbeda dari empat ajang lainnya, yaitu Pesta Olahraga Heraia. Dalam kompetisi ini, hanya perempuan yang boleh ikut serta. Ajang ini dinamai dari nama dewi Hera dan kemungkinan lebih tua dari pesta olahraga lainnya.

Ada juga kontes dan perlombaan yang diadakan pada saat festival, misalnya dalam festival Panathenaia di Athena, dan Delia di pulau Delos. Selain itu, ada kompetisi yang hanya digelar sekali, contohnya adalah perlombaan dalam rangka pmeakaman. Perlombaan ini dilakukan setelah pembakaran mayat raja atau pahalwan. Meskipun skalanya lebih kecil, perlombaan jenis ini lebih tersebar luas. Pesta Olahraga Nemea sendiri pada awalnya digelar untuk memperingati kematian Ofeltes. Namun kemudian acara ini diselenggarakan secara rutin lima tahun sekali. Perseus secara tidak sengaja membunuh kakeknya dalam suatu perlombaan pemakaman. Perlombaan pemakaman yang besar digelar untuk raja Pelias dari Iolkos, dan banyak pahalwan yang ikut serta, termasuk seorang perempuan, Atalanta. Ketika Patroklos meninggal, digelar perlombaan pemakaman dan Akhilles, sahabat Patroklos, mengorbankan dua belas orang Troya dan dua belas kuda. Perlombaan pemakaman juga digelar setelah kematian Akhilles.

Nama Tempat Waktu Ditujukan untuk Hadiah Penjelasan
Olimpiade Olympia Empat tahun sekali Herakles sang Daktil, Zeus Mahkota daun zaitun Olimpiade adalah pesta olahraga Yunani kuno yang paling populer. Olimpiade diglar di Olympia, Elis, dan secara tradisional berawal sejak 776 SM. Olimpiade kemungkinan sudah dimulai sejak sebelum 776 SM, namun nama-nama pemenangnya belum dicatat. Juara dari lomba-lomba dalam Olimpiade dihadiahi mahkota zaitun, dan kepalanya diolesi minyak zaitun.

Dalam mitologi Yunani, Olimpiade diciptakan oleh pemuda Kreta bernama Herakles sang Daktil (bedakan dengan pahlawan Herakles) pada masa sebelum banjir besar. Herakles sang Daktil berlomba melawan saudaranya dalam beberapa jenis kontes. Mitos yang berbeda menyebutkan bahwa Zeuslah yang menciptakan Olimpiade, ketika dia berkelahi melawan ayahnya Kronos, pada saat Titanomakhia.

Selama Olimpiade, senjata dikesampingkan dan perang tidak boleh dilakukan, jadi terjadi perdamaian selama Olimpiade berlangsung.

Olimpiade modern pertama kali digelar pada 1896 di Athena. Kontes-kontes tradisional digelar dengan tambahan beberapa cabang olahraga baru.

Pesta Olahraga Pithia Delphi Empat tahun sekali Apollo Mahkota daun salam Pesta Olahraga ini digelar dalam rangka memperingati keberhasilan Apollo mengalahkan naga Pithon, yang sebelumnya menjaga orakel Delphi. Menurut Hyginus, pesta olahraga ini sebenarnya digelar untuk memperingati pemakaman Pithon oleh Apollo. Pesta Olahraga Pithia meliputi kontes musik dan kontes atletik.
Pesta Olahraga Nemeia Argos Lima tahun sekali Ofeltes Mahkota daun seledri Pesta olahraga ini pertama kali digelar untuk memepringati kematian Ofeltes, yang meninggal karena digigit ular berbisa di Nemeia. Ajang ini dipelopori oleh raja Adrastos dari Argos.
Pesta Olahraga Isthmos Korinthos Dua tahun sekali Poseidon Mahkota daun seledri Pesta Olahraga Isthmos ini pertama kali digelar oleh Sisifos, raja Korinthos, untuk memperingati kematian keponakannya Melikertes, yang menceburkan diri ke laut. Di kemudian hari, Theseus mengembangkan ajang ini dan menjadikannya sebagai pesta olahraga untuk memuja dewa laut Poseidon.
Pesta Olahraga Heraia Olympia Empat tahun sekali Hera Mahkota daun zaitun Pesta Olahraga ini diadakan untuk memuja dewi Hera. Semua pesertanya adalah perempuan. Ajang ini pertama kali diselenggarakan oleh Hippodameia, istri Pelops. Kemungkinan, Pesta Olahraga Heraia muncul lebih awal daripada pesta olahraga lainnya